Apalah arti sebuah nama…

William Shakespeare dalam Romeo and Juliet menulis:
 
“What’s in a name? That which we call a rose by any other word would smell as sweet”

“Apalah arti sebuah nama? Bunga mawar akan tetap harum meski disebut dengan berbagai nama yang berbeda.” mungkin seperti itulah kira-kira definisi nama menurut William Shakespeare.

Nama, adalah identitas bagi seseorang atau sesuatu benda/tempat, dapat dibayangkan bagaimana sulitnya kita memanggil seseorang atau mengingat sebuah tempat bila dia tidak mempunyai nama. Biasanya dalam memberikan nama, orang selalu memilih nama yang bagus atau yang memiliki arti yang mengesankan, begitu pula jika menyangkut sebuah tempat, orang pasti akan berusaha memberikan nama yang bagus atau paling tidak memberikan nama berdasarkan sisi historisnya.
Sejalan dengan itu, dalam Islam kita dilarang untuk memanggil seseorang dengan nama/gelar yang buruk pada seseorang
“…Janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim” (QS. Al-Hujurat:11).
Pemberian nama bagi seseorang tidak hanya berfungsi untuk sebuah panggilan. Dalam sebuah nama terkandung cita-cita, doa dan harapan si pemberi nama. Secara psikologis nama juga akan berpengaruh pada konsep diri seseorang. Secara tidak sadar seseorang akan didorong untuk memenuhi citra yang terkandung dalam namanya.
Maka ketika “memberikan nama” website ini, ada doa dan harapan yang disematkan disana, kata “izzah” yang tersemat di website ini merujuk definisi yang diberikan dalam artikel berikut :

The Arabic word ‘izzah is from ayn-zay-zay, which means might, honor, respect, dignity, prestige, fame and glory.

So:
‘Izzah is honour. And what is honour?

It’s not something tangible that we can see, hear, smell, taste, or touch. Honour is something else, something higher, something far more noble. It is pride and confidence, an aura of strength and serenity. It is a type of knowledge, a type of belief.

Kata ‘izzah berasal dari bahasa arab yang terdiri dari ain-zain-zain, yang berarti kekuatan, menghormati, menghargai, martabat, prestise, ketenaran dan kemuliaan.

Jadi:
‘Izzah adalah kehormatan, dan apa itu kehormatan?

bukanlah sesuatu yang nyata yang bisa kita lihat, dengar, bau, rasa, atau sentuh. Kehormatan adalah sesuatu yang lain, sesuatu yang lebih tinggi, sesuatu yang jauh lebih mulia. Ini adalah kebanggaan dan rasa percaya diri, aura kekuatan dan ketenangan. Ini adalah jenis pengetahuan, sebuah keyakinan.

Jpeg

disematkan kata ‘izzah karena ingin sekali menjadikan website ini, sebagai sarana yang memberi manfaat dan kebaikan. Ada do’a dan harapan yang tertanam dengan kata itu, agar setiap huruf, setiap kata, dan setiap kalimat memiliki makna.

Lalu…. kenapa izzah-ku.com ? bukan izzah.com? jawabnya sederhana sayangnya domain izzah.com sudah digunakan oleh orang lain…^__^ !

Komentar

    Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *